Ingin Cepat Punya Momongan? Ikuti Cara Menghitung Masa Subur Ini

masa subur, masa subur wanita, cara menghitung masa subur, kalkulator masa subur, siklus menstruasi, menghitung masa subur, kalender masa subur, perhitungan masa subur,

Ingin Cepat Punya Momongan? Ikuti Cara Menghitung Masa Subur Ini

Salah satu usaha yang bisa dilakukan oleh pasangan suami istri untuk segera mendapatkan momongan adalah dengan merencanakan program hamil sebaik-baiknya. Langkah yang paling efektif adalah dengan rutin melakukan hubungan seksual pada masa subur.
Anda perlu memiliki catatan periode haid. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan masa subur wanita setelah haid. Cara menghitung masa subur bisa dilakukan sendiri lho!

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih lengkap, Anda perlu mengetahui tentang siklus haid atau menstruasi. Nah, siklus haid adalah rentang hari mulai dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi bulan berikutnya. Normalnya, siklus haid terjadi dalam rentang waktu 21 hingga 35 hari. Perlu Anda garis bawahi bahwa hari ke-1 siklus haid adalah hari pertama haid terjadi.
Masa Subur Wanita
Untuk mengetahui cara menghitung masa subur wanita, Anda harus membuat catatan kapan mulai masa haid. Nah, haid dimulai ketika dinding rahim luruh dan keluar bersama darah dari vagina. Pada masa ini, sel telur akan berkembang di dalam ovarium. Ketika sel telur matang, maka ovarium akan melepaskan sel telur. Proses tersebut disebut sebagai ovulasi.
Umumnya, ovulasi terjadi 12 hingga 14 hari sebelum haid pertama. Akan tetapi, beberapa orang memiliki hitungan yang berbeda. Terjadinya ovulasi tergantung dari berapa lama siklus haid Anda. pada siklus haid yang pendek, misalnya 22 hari, ovulasi bisa terjadi hanya selang beberapa hari setelah haid usai.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa waktu ovulasi pada setiap wanita berbeda-beda. Sangat penting untuk mengetahui siklus haid untuk memperkirakan waktu ovulasi.
Nah, masa subur wanita terjadi kira-kira 5 hari sebelum ovulasi. Pada umumnya, masa subur wanita adalah 12 hingga 16 hari sebelum masa haid. Bisa dikatakan, rata-rata wanita mengalami masa subur antara hari ke-10 hingga hari ke-17 setelah hari pertama haid yang terakhir. Akan tetapi, hal ini hanya berlaku jika Anda memiliki siklus haid teratur selama 28 hari.
Masa haid wanita biasanya akan berubah dari waktu ke waktu. biasanya akan berlangsung 2 hingga 7 hari. kondisi ini akan membuat ovulasi berbeda sepekan lebih cepat atau lebih lambat dari periode sebelumnya.
Kehamilan dapat terjadi hanya jika sel telur matang dibuahi dalam waktu 12 hingga 24 jam. Sehingga, bagi Anda yang sedang dalam program hamil harus menggunakan cara menghitung masa subur.
Cara Menghitung Masa Subur
Karena sel telur harus segera dibuahi agar terjadi kehamilan, maka sangat penting mengetahui cara menghitung masa subur. Sehingga, Anda bisa mendeteksi dan memperkirakan kondisi paling subur pada organ reproduksi. Masa subur biasanya dihitung berdasarkan catatan dan analisis siklus haid dalam waktu 8 bulan terakhir.
Cara menghitung masa subur bisa menggunakan rumus berikut ini:
       Mengetahui Siklus Haid Terpendek
Misalkan dari hari pertama haid di bulan terakhir dengan hari pertama haid yang selanjutnya adalah 27 hari. Maka kurangi angka ini dengan 18, hasilnya 9. Nah, angka ini menunjukkan hari dimana Anda berada pada posisi tersubur.
       Mengetahui Siklus Haid Terpanjang
Misalnya siklus haid yang paling panjang Anda adalah 30 hari, lalu kurangi dengan angka 11. Hasilnya adalah 19. Nah, inilah hari terakhir masa subur Anda.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa pada siklus 27–30 hari, maka masa subur Anda adalah hari ke 9 hingga hari ke 19 sejak hari terakhir haid.
Beberapa Metode Cara Menghitung Masa Subur
Selain dengan mencatat dan menganalisa siklus haid, cara menghitung masa subur juga bisa dilakukan dengan beberapa metode. Diantaranya :
       Menggunakan Alat Prediksi Kesuburan
Anda bisa menggunakan alat prediksi kesuburan yang dapat mengukur tingkat hormon luteinizing atau LH di dalam urine. Sekitar 10 hingga 12 jam setelah meningkatnya LH, normalnya wanita akan mengalami ovulasi. Pada siklus menstruasi 28 hari, ovulasi akan terjadi pada hari ke 14 hingga 15.
       Monitor Kesuburan
Pada alat prediksi kesuburan identifikasi perkiraan ovulasi dapat dilakukan secara efektif. Alat ini akan mengidentifikasi hari paling subur. Monitor kesuburan bekerja dengan mengukur tingkat hormon Luteinizing dan hormon estrogen. Sehingga akan menghasilkan 2 hari paling subur dan 5 hari paling subur.
       Kalkulator Masa Subur
Saat ini, cara menghitung masa subur bisa dilakukan menggunakan perangkat Android ataupun PC. Ada banyak aplikasi yang bisa menghitung masa subur secara otomatis. Ada pula website online yang dapat membantu Anda menghitung masa subur. Hanya dengan memasukkan beberapa data seperti tanggal pertama menstruasi serta siklus menstruasi, Anda sudah bisa mendapatkan hasilnya dengan mudah.
       Mengetahui Tanda-tanda yang terjadi pada tubuh
Tubuh akan bereaksi terhadap berubahnya hormon pada masa subur. Anda bisa melihat berbagai tanda-tanda seperti perubahan suhu basal (suhu terendah dalam sehari), perubahan cairan serviks menjadi lebih lengket dan berwarna bening, serta perubahan serviks yang lebih basah, lembut, dan terbuka. Ada juga tanda lain seperti nyeri payudara nyeri satu sisi panggul, perut kembung, serta muncul flek darah dari organ vital.
Tips Cepat Hamil
Selain mengetahui cara menghitung masa subur untuk memprediksi kemungkinan besar sperma bisa mencapai sel telur. Anda juga harus melakukan beberapa hal lain seperti:
       Mengonsumsi Madu Penyubur pria dan wanita
Salah satu madu penyubur yang baik yaitu madu rizqi penyubur kandungan yang terbuat dari madu dan royal jelly yang sejak dulu sudah terbukti sangat baik meningkatkan kesuburan system reproduksi. Madu Rizqi Penyubur pria dan wanita dapat anda beli melalui www.madurizqi.com atau what app: http://bit.ly/ordermadupenyubur (0813 -2592-9343)
       Sering-Seringlah Berhubungan Seksual
Ketika Anda sudah bisa memperkirakan kapan masa paling subur pada tubuh, sebaiknya seringlah melakukan hubungan seksual. Setelah itu, berbaringlah sebentar setelah berhubungan intim dengan kaki yang diangkat sedikit. Nah, penting juga bagi Anda untuk menemukan posisi berhubungan seksual yang paling nyaman.
       Jagalah Kesehatan Tubuh
Bagi wanita yang berencana hamil, menjaga kesehatan adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Cukupi kebutuhan nutrisi seperti Vitamin C, D, Zinc, asam folat, omega 3, serta kalsium untuk membentuk kondisi rahim yang optimal bagi kehamilan.
Selain itu, kurang hal-hal negatif seperti merokok dan mengonsumsi alkohol. Penting juga bagi Anda untuk mempertahankan berat badan normal. Pasalnya, gerak sperma akan menjadi lebih lambat pada orang yang mengalami obesitas.
       Menghindari Stress
Untuk mendapatkan kehamilan, seringkali seseorang terlalu serius. Sehingga, ia menjadi lebih stress. Sebenarnya hal tersebut justru tidak baik selama program hamil. Sebab, stress akan membuat kehamilan sulit tercapai. Sebaiknya jangan terlalu terbebani dengan keinginan cepat hamil saat berhubungan seks dengan pasangan.
Itulah beberapa cara menghitung masa subur. Mulai sekarang, catatlah periode menstruasi Anda dan hitung kapan masa paling subur selama siklus haid. Nah, selain itu, perhatikan juga tanda-tanda masa subur yang terjadi pada tubuh. Untuk mendapatkan kehamilan, lakukan juga berbagai upaya penunjang yang akan membuat peluang keberhasilan hamil lebih besar.