Kenali Tanda-Tanda Masa Subur Wanita Bagi Pejuang Dua Garis Merah

masa subur wanita, tanda masa subur, tips cepat hamil, cara mengetahui masa ovulasi, madu penyubur kandungan, madu penyubur pria, madu penyubur wanita,

Kenali Tanda-Tanda Masa Subur Wanita Bagi Pejuang Dua Garis Merah
Ketika Anda sedang dalam program hamil sangat penting untuk mengetahui masa subur wanita. Hal ini penting dilakukan agar Anda memiliki peluang hamil yang besar. Perlu Anda ketahui bahwa masa subur adalah masa ovulasi dimana ovarium melepaskan sel telur.
Saat sel telur dilepaskan, makan pembuahan oleh sperma sangat mungkin terjadi. Masa subur terjadi setiap bulan. Jika sel telur berhasil dibuahi oleh sperma, maka kehamilan akan terjadi. Jika tidak dibuahi sperma, maka Anda akan mengalami menstruasi.
Bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur, mendeteksi masa subur sangatlah mudah dan bisa dihitung. Akan tetapi, beda halnya dengan wanita yang siklus menstruasinya tidak teratur. Akan sedikit sulit memperkirakan kapan masa subur wanita dengan tepat.
Pada umumnya, masa subur wanita terjadi sekitar 12 hingga 14 hari sebelum menstruasi. Buatlah kalender menstruasi untuk dapat menghitungnya dengan mudah.
Rata-rata masa subur wanita berlangsung di hari ke 10 hingga 17 sejak hari pertama menstruasi. Ini berlaku pada siklus menstruasi yang berlangsung selama 28 hari. Pada beberapa kasus, wanita memiliki siklus haid mencapai 35 hari bahkan lebih.
Agar kehamilan cepat terjadi, jangan lupa menghitung masa subur wanita. Lakukan hubungan seksual 2 hari sebelum sel telur dilepaskan. Atau bisa juga melakukan hubungan seksual 12 hingga 24 jam setelah proses ovulasi terjadi. Pada masa-masa itu, peluang kehamilan sangat besar dan efektif.
Pada masa subur, ada beberapa tanda-tanda yang bisa Anda perhatikan. Tanda-tanda tersebut akan terjadi pada tubuh Anda. Apa saja itu? Berikut ulasan lengkapnya :
1.      Perubahan Suhu Tubuh
Kadar hormon dalam tubuh ternyata mempengaruhi suhu tubuh ketika bangun tidur atau disebut juga sebagai suhu tubuh basal. Selama siklus menstruasi, kadar hormon akan terus berubah.
Pada awalnya, ovarium melepaskan hormon estrogen. Nah, setelah itu, kadar estrogen akan terus meninggi hingga ovarium melepaskan sel telur. Hormon lain yang berpengaruh terhadap suhu tubuh adalah progesterone. Hormon tersebut akan membuat suhu tubuh Anda naik. Hal itu adalah tanda bahwa ovarium siap untuk melakukan pembuahan.
Ovulasi mengakibatkan suhu tubuh menjadi lebih tinggi ketimbang saat tubuh dalam keadaan normal. Sehingga Anda bisa melihat tanda-tanda masa subur wanita ketika berubahnya suhu tubuh menjadi lebih tinggi.
Catatlah suhu basal tiap kali Anda bangun pagi. Sebelum beranjak dari tempat tidur, Anda bisa mengukur suhu tubuh dengan thermometer. Sebaiknya Anda mencatat selama beberapa bulan untuk melihat pola yang menunjukkan waktu ovulasi. Sehingga dapat membantu Anda menghitung masa subur dengan lebih efektif.
Akan tetapi, kekurangan metode ini adalah sulit membedakan dengan kondisi tubuh yang sedang kurang tidur, demam, dan masalah kesehatan lainnya. pergerakan Anda setelah bangun tidur juga sangat mempengaruhi suhu tubuh saat diukur dengan thermometer.
2.      Periksa lendir mulut rahim
Kadar hormon estrogen yang meningkat juga mempengaruhi tekstur lendir atau mucus pada mulut rahim. Ketika tubuh siap dibuahi, lendir yang keluar akan lebih elastic, licin, transparan, dan berwarna seperti putih telur.
Tekstur lendir yang demikian akan memudahkan sperma untuk mencapai sel telur. Akan tetapi, pada beberapa kondisi, tekstur lendir juga bisa dipengaruhi oleh adanya infeksi vagina, gairah seks, penyakit menular seksual, serta penggunaan pelicin ketika berhubungan seksual. Sehingga, tekstur lendir tidak bisa dijadikan patokan untuk menentukan masa subur wanita.
Perhatikan pola tekstur mukus pada mulut rahim yang umum terjadi:
       Ketika siklus menstruasi berakhir, lendir yang keluar biasanya lebih lengket.
       Ketika masa subur, lendir yang keluar lebih banyak, licin, basah, dan transparan (seperti putih telur)
       Setelah proses ovulasi, lendir yang keluar lebih tebal dan jumlahnya lebih sedikit.
3.      Perubahan Posisi Mulut Rahim
Pada masa subur wanita, mulut rahim akan terasa lebih tinggi, lembut, terbuka, serta basah. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan pada sperma untuk masuk ke dalam leher rahim dan membuahi sel telur.
Perubahan ini sebenarnya cukup sulit untuk dideteksi. Tapi, tetap bisa dicoba. Periksalah mulut rahim setiap hari menggunakan satu atau dua jari. Lalu lihatlah perubahan dan kondisi yang berbeda dengan biasanya.
4.      Tanda lain
Tanda-tanda masa subur wanita pada poin ini, tidak semua wanita akan mengalaminya. Diantaranya, kram ringan atau nyeri di satu sisi panggul, bercak darah. Gairah seks meningkat, serta perut terasa kembung.
Beberapa wanita juga mengalami keputihan yang keluar semakin banyak. Dan yang terakhir adalah perasaan memiliki tubuh yang lebih seksi serta aroma tubuh lebih baik.
Masa Tidak Subur Pada Wanita
Menghitung masa subur untuk segera mendapatkan keturunan memang tidak bisa diharapkan 100 persen berhasil. Sebab, siklus menstruasi pada setiap wanita berbeda. kebanyakan malah cenderung berubah dan tidak tetap. Sehingga, akan sulit memprediksi masa subur wanita.
Tetapi, dengan menghitung masa subur wanita, paling tidak Anda bisa memperkirakan kapan harus sering melakukan hubungan seksual. Pada masa tidak subur, Anda dan pasangan bisa beristirahat dalam melakukan hubungan seksual.
Pada masa tidak subur, peluang kehamilan sangat sulit terjadi. Bagi Anda yang ingin menunda kehamilan, penting mengetahui masa ini. Masa ini terjadi pada hari pertama hingga ketujuh menstruasi. Pada saat itu, sel telur sedang tidak diproduksi sehingga sperma tidak bisa melakukan pembuahan.
Masa tidak subur juga terjadi dua hari setelah menstruasi berakhir. Jika Anda berhubungan seksual pada masa tersebut, sperma akan hidup hingga lima hari setelahnya. Sementara itu, sel telur baru saja akan dilepaskan berhari-hari setelah sel sperma mati. Hasilnya, peluang kehamilan akan sulit terjadi.
Nah, penghitungan masa subur merupakan faktor pendukung program kehamilan Anda. untuk itu, perimbangkan juga faktor kesehatan Anda dan pasangan untuk segera mendapatkan momongan. Selain itu, lakukan juga beberapa hal berikut ini untuk mempercepat proses kehamilan Anda :
       Memeriksakan Diri ke Dokter
Untuk merencanakan kehamilan, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu ke dokter kandungan ataupun bidan. Kondisi tubuh akan diperiksa, serta masa subur bisa dilacak dengan lebih akurat. Dokter dan bidan bisa membantu Anda dengan memberikan berbagai vitamin penyubur kandungan. Dengan begitu, tubuh akan lebih siap menerima kehamilan. Atau bisa juga mengonsumsi madu rizqi penyubur kandungan yang sudah terbukti berkhasiat menyuburkan pasangan suami istri. Madu Rizqi Penyubur terbuat dari bahan alami sehingga aman untuk dikonsumsi.
       Lakukan Posisi Hubungan Seksual yang Tepat
Agar kehamilan lebih mudah terjadi, sebaiknya lakukan posisi hubungan seksual yang paling tepat. Meskipun tidak ada patokan yang jelas, tapi posisi hubungan seksual haruslah nyaman baik untuk istri ataupun suami.
Setelah itu, berbaringlah usai melakukan hubungan seksual dengan mengangkat kaki ke atas. Hal tersebut bertujuan untuk membantu sperma menuju ke sel telur. Nah, sebaiknya lakukan hubungan seksual sebelum tidur agar lebih cepat hamil.
       Menjaga Tubuh Selalu Bugar
Selama program hamil, Anda harus menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat dan prima. Kurang konsumsi alkohol, berhenti merokok, serta pertahankan berat badan normal. Penting juga untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian seperti asam folat, kalsium, serta berbagai vitamin.
Itulah tanda-tanda tubuh sedang dalam masa subur bagi wanita. Jika ingin segera mendapatkan momongan paling penting jangan terlalu stress dalam menghitung masa subur wanita. Sebab, stress justru bisa mengganggu ovulasi, sehingga Anda malah akan semakin sulit mendapatkan tanda kehamilan.
Supported: www.madurizqi.com